Unduh Aplikasi QuBisa
Curriculum Vitae (CV): Pengertian, Manfaat dan Kenapa Penting
Recruitment & Selection

Curriculum Vitae (CV): Pengertian, Manfaat dan Kenapa Penting

Punto Wicaksono07 Jan 233 menit membaca

Yang dimaksud Curriculum Vitae (CV) adalah surat penting yang berisi informasi mengenai seseorang, mulai dari identitas diri lengkap, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, keahlian, kemampuan, dan sebagainya. Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai apa itu CV, manfaat CV, dan alasan penting CV sangat dibutuhkan untuk melamar kerja. 

Apa Itu CV?

Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen yang isinya menjelaskan identitas diri pelamar kerja secara ringkas dan detail. Selain identitas diri, di dalam CV juga terdapat pengalaman kerja, pengalaman organisasi, latar belakang pendidikan, prestasi dan penghargaan yang pernah didapat, serta keahlian dan kemampuan. Singkatnya, CV berisi uraian riwayat hidup, akademik, dan riwayat profesional seseorang yang digunakan untuk melamar kerja.

Manfaat Curriculum Vitae (CV)

Umumnya, CV menjadi dokumen penting untuk melamar pekerjaan ke suatu perusahaan atau bidang kerja. Di sisi lain, CV ini juga sering diminta ketika kamu mau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau bergabung ke suatu organisasi. Bahkan adakalanya, Curriculum Vitae (CV) juga berguna untuk keperluan lain yang mana kamu perlu menunjukkan identitas diri dan kualifikasi yang kamu miliki.

alasan penting punya CV

Alasan Kenapa Curriculum Vitae Penting untuk Melamar Kerja

Agar lebih jelas kenapa kamu perlu menulis dan membuat Curriculum Vitae, lanjutkan membaca mengenai alasan penting punya CV di bawah ini:

Menciptakan Kesan Profesional

Kamu sudah tahu kalau CV berguna untuk melamar pekerjaan, mendaftarkan diri untuk bergabung ke suatu organisasi/yayasan, menjadi pengurus komunitas, dan sebagainya. Nah, agar kamu dapat menciptakan kesan profesional, kamu perlu membuat CV yang benar, menarik, dan memudahkan siapa pun yang membacanya jadi paham kualifikasi dirimu. 

Informasi Terkait Data Diri dan Keahlian

Di dalam CV harus ada berbagai informasi yang menjelaskan siapa kamu atau identitas diri kamu secara lengkap. Selain itu, pastikan kamu juga mencantumkan keahlian yang dimiliki serta relevan dengan tujuan kamu membuat CV.

Misalnya, kamu membuat CV untuk melamar kerja di perusahaan sebagai penulis konten. Maka pastikan keahlian yang kamu cantumkan di dalam CV menunjukkan kamu bisa menulis dengan baik, paham editing, bisa menulis artikel sesuai kaidah SEO, dan sebagainya. Lebih bagus lagi kalau kamu lampirkan juga bukti dan hasil kerjamu.

Menarik Perhatian dengan Menonjolkan Kemampuan

Tidak semua kemampuan perlu kamu masukkan ke CV, tapi pilih kemampuan yang paling menonjol dan bisa menarik perhatian. Misalnya, kamu ingin menjadi penulis konten. Keahlian sudah kamu cantumkan seperti pada poin 2. 

Maka pada poin 3 ini fokuskan perhatianmu pada kemampuan yang akan mendukung kamu bisa bekerja dengan baik, seperti mampu mengikuti brief, bisa mengkomunikasikan ide dengan baik, mampu menulis 10 artikel dengan kualitas baik dalam satu hari, dan sebagainya.

Membuat CV yang Menarik Perhatian

Memperbesar Peluang Diterima Bekerja

Peluang kamu akan diterima bekerja akan menjadi lebih besar dibandingkan dengan pelamar kerja lain yang tidak melampirkan CV. Sebab, adanya CV memudahkan rekruter mengetahui kualifikasimu, melihat relevansinya dengan kebutuhan perusahaan, dan akhirnya bisa lebih cepat mengambil keputusan.

Untuk dapat memperbesar peluang diterima bekerja, bisa juga kamu pelajari dari beberapa referensi microlearning berikut:

Bahan Pertimbangan Rekruter

Selain memperbesar peluang diterima bekerja, informasi dalam CV juga bisa jadi bahan pertimbangan rekruter untuk tetap menerima kamu, bahkan ketika lowongan kerja yang tersedia belum ada. Hal ini berkaitan dengan potensi dan keahlian yang kamu miliki dan bisa jadi dibutuhkan perusahaan dalam waktu dekat.

Contoh CV untuk Melamar Kerja

Contoh CV untuk Melamar Kerja

Kamu sudah tahu apa itu CV, manfaatnya, dan kenapa penting melampirkan CV saat melamar kerja. Bahkan kamu sudah baca juga, kan, contoh CV untuk melamar kerja. Eh, tapi hati-hati ya saat membuat CV jangan sampai terlihat seperti resume. Nah, supaya nggak tertukar antara CV dan resume, cari tahu dulu yuk: Perbedaan CV dan Resume untuk Melamar Kerja.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua