Unduh Aplikasi QuBisa
15 point

Pengertian Gamifikasi dalam Dunia Pembelajaran

2.5k views · 4 December, 2021

Share
Tjhung Hertanto KS

Tjhung Hertanto KS

Sistem pembelajaran daring yang dilakukan 2 tahun terakhir menciptakan rasa jenuh. Untuk memotivasi dan meningkatkan semangat belajar dan menumbuhkan ketertarikan dalam belajar, maka metode gamifikasi menjadi pilihan paling relevan untuk diterapkan. 

 

Gamifikasi adalah proses yang dilakukan seperti permainan game. Konteks yang diambil, yaitu adanya elemen-elemen game yang diadopsi untuk proses pembelajaran. Sebut saja level, point, dan rewards untuk mereka yang bisa menyelesaikan aktivitas tertentu. Penggunaan gamifikasi dalam proses pembelajaran bertujuan untuk menarik minat belajar karena lebih fun. Kemudian meningkatkan semangat belajar, dan lebih mudah dipahami. 

 

Gamifikasi juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih kreatif dan berprestasi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Konsep gamifikasi tak hanya diterapkan pada pembelajaran saja, tetapi menjadi salah satu strategi marketing untuk dunia bisnis, pemahaman gizi, dan pentingnya olahraga dalam bidang kesehatan.

 

Gamifikasi dalam pendidikan tidak hanya berkutat pada bidang studi, tetapi makna pendidikan yang lebih luas, seperti pelatihan kepemimpinan, pelatihan keterampilan dan pelatihan sales. Contoh gamifikasi dalam pendidikan atau media pembelajaran gamifikasi adalah perangkat mobile atau gadget yang berisi berbagai game edukasi. Walau menyerupai game, pembelajaran yang dibuat harus benar-benar matang dan tidak mengubah tujuan sebenarnya dalam aktivitas pembelajaran.

 

Gamifikasi dalam pembelajaran memang sedang menjadi tren dan primadona saat ini. Namun perlu dipahami bahwa pembelajaran itu dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun, terutama dalam dunia kerja. Pupuk semangat kamu untuk selalu meningkatkan skill, baik hard skill maupun soft skill dengan mengikuti kursus di aplikasi siap kerja QuBisa berikut:

 

 

 

0Comments

no profile