1.6k views · 8 March, 2022
Thomas Joseph
Gamification adalah strategi engagement yang awalnya diterapkan di dalam sebuah game, alasan kenapa seseorang bisa terikat dan mau mengeluarkan banyak waktu, uang, dan tenaga untuk bermain game. Kini gamification telah dimanfaatkan dalam berbagai industri, salah satunya dimanfaatkan dalam strategi pemasaran. Ketika kita memasuki era metaverse, maka gamification ini menjadi fundamental dari semua strategi pemasaran.
Dalam gamification pasar dibagi menjadi 4 kelompok user, diantaranya sebagai berikut:
1. Achievers
Adalah orang-orang yang punya dorongan untuk mencapai sesuatu.
2. Explorers
Adalah orang-orang yang selalu ingin mengeksplor sesuatu yang baru.
3. Socializers
Adalah orang-orang yang senang bersosialisasi ataupun suka dikenal oleh banyak orang.
4. Fighters
Adalah orang-orang yang paling ingin menjadi nomor 1. Bahkan tipe ini rela untuk menghabiskan banyak biaya untuk sebuah game agar bisa menjadi nomor 1.
Ingin mengenal dan memahami lebih dalam mengenai Metaverse? Pelajari selengkapnya pada video microlearning berikut di platform belajar online QuBisa:
0Comments
QuBisa © 2025. All rights reserved.