Unduh Aplikasi QuBisa
15 point

Contoh Cara Belajar Menggunakan Game

1.3k views · 23 April, 2022

Share
Tjhung Hertanto KS

Tjhung Hertanto KS

Teknologi yang semakin berkembang berpengaruh pada dunia pendidikan. Penggunaan media belajar disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak zaman sekarang. Saat ini, anak-anak lebih sulit menangkap materi yang lebih banyak mengandung teks, karena tidak suka membaca. Jika pola membaca generasi X dan Y masih membaca lengkap sebuah buku, beda halnya dengan Gen Z dan Gen M yang hanya membaca bab yang bisa menjawab kebutuhannya saja. Sehingga mereka akan langsung lompat ke bab yang dibutuhkan, langsung strike to the point.

Karena tidak suka membaca, mereka membutuhkan sesuatu yang lebih visual, seperti infografis. Infografis adalah media informasi yang disajikan secara visual untuk mendapatkan desain learning journey. Kemudian, teknologi pun membuat dunia pendidikan menghadirkan game based learning atau gamifikasi. Gamification adalah penggunaan teknik dasar permainan sebagai metode pembelajaran.

Gamifikasi akan menambah motivasi dan membangun engagement. Berdasarkan survei, 89 persen lebih termotivasi dengan adanya gamifikasi untuk menyelesaikan suatu tugas. 72 persen terinspirasi untuk bekerja keras karena ada gamifikasi. Dampaknya produktivitas pun bisa meningkat. 33 persen mereka lebih suka apapun yang dikerjakan dengan konteks gamifikasi. Secara fitur, gimik, penilaian, itu membuat mereka merasa tertantang.

Mengapa mengombinasikan game sebagai bagian dari pembelajaran penting? Karena penerapan game based learning (gamification) akan menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik (engage), menyenangkan (fun), imersif (immersive), dan berkesan (memorable).

Aplikasi game ini efektif dimainkan secara stand alone ataupun multi player dalam pelatihan kelas virtual online. Keunggulan program gamifikasi, yakni bank soal bisa diupdate oleh pengajar sesuai kebutuhan topik pembelajaran. Topik tentang gamifikasi bisa Anda tonton melalui microlearning yang disampaikan Tjhung Hertanto KS, Chief of Digital Learning Solutions GML Performance Consulting.

Anda juga bisa menggali skill dengan topik-topik lainnya lewat aplikasi belajar online QuBisa berikut:

0Comments

no profile