Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Belajar Online Agar Cepat Paham
Personal Development

Tips Belajar Online Agar Cepat Paham

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Di era digital dan teknologi internet yang sudah canggih seperti sekarang, ada banyak sekali kemudahan yang bisa kamu dapatkan. Salah satunya, kamu bisa meningkatkan kemampuan dan keahlian dari mana saja dan kapan saja kamu butuhkan melalui sistem belajar online.

Sayangnya, banyak juga yang mengeluh betapa sulit memahami materi belajar online. Apakah kamu salah satu di antaranya? Jika iya, jangan khawatir. Pada artikel QuBisa kali ini, kamu bisa mempelajari tips belajar online agar cepat paham. Yuk, baca sampai selesai.

Cara Mudah Memahami Materi Belajar Online Agar Cepat Paham

Menyiapkan Ruang Khusus agar Bisa Berkonsentrasi dalam Belajar

Siapkan ruang khusus yang nyaman, memiliki pencahayaan yang cukup dan tenang. Tujuannya, agar kamu bisa fokus dan berkonsentrasi selama proses belajar online.Jangan lupa, siapkan alat tulis dan buku catatan, bahkan segelas minuman.

Dengan cara ini, perhatianmu tidak teralihkan hanya karena kamu perlu mencatat, namun peralatan menulis jauh dari jangkauan atau kamu terpaksa meninggalkan kelas hanya gara-gara haus dan perlu mengambil air minum.

internet untuk belajar di aplikasi belajar online

Pastikan Koneksi Internet Lancar

Persiapkan dan pastikan koneksi internet lancar sebelum mengikuti pembelajaran online. Koneksi yang tak stabil akan membuat kamu jadi sulit memahami materi pembelajaran karena terputus-putus atau suara jadi tak terdengar. Alangkah baiknya, kalau kamu juga menyediakan koneksi cadangan untuk berjaga-jaga.

Karena jika sistem belajar online yang kamu ikuti berbentuk webinar, kamu bisa ketinggalan banyak materi penting hanya gara-gara perhatianmu teralihkan. Sebagai tambahan referensi, coba pelajari Tips Berkonsentrasi saat Ikut Webinar Gratis ini.

Mencatat Efektif untuk Kelas Online Real Time

Dari sekian banyak metode pembelajaran jarak jauh, adakalanya kamu harus mengikuti pembelajaran secara real time, di mana materi belajar hanya disampaikan satu kali. Bentuk pembelajaran secara real time, misalnya webinar, kelas online learning, dan sebagainya.

Karena materi hanya disampaikan satu kali, maka kamu perlu membuat catatan secara efektif. Caranya, kamu bisa menggunakan metode Cornell, yaitu membagi catatan menjadi 2 kolom dan 1 rangkuman.

Bagian pertama, yaitu kolom sebelah kiri, bisa kamu gunakan untuk mencatat poin-poin penting dari kelas online atau webinar yang kamu ikuti. Pencatatan pada kolom ini dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung.

Bagian kedua, gunakan kolom sebelah kanan untuk mencatat poin utama yang kamu tangkap setelah kelas selesai atau mencatat daftar pertanyaan yang muncul. Terakhir,  pada bagian bawah kedua kolom yang sudah kamu buat sebelumnya, buatlah rangkuman dari seluruh materi belajar yang sudah kamu catat, termasuk jawaban atas pertanyaan yang ada di kolom kanan.

cara mudah memahami materi belajar online

Praktik dan Latihan

Tips belajar online selanjutnya adalah mempraktikkan materi pelajaran yang sudah kamu dapatkan dan melakukan pendalaman materi, misalnya dengan membuat daftar pertanyaan yang perlu kamu jawab sendiri. Jika kamu baru saja belajar materi perhitungan dan rumus, maka kamu perlu latihan mengerjakan soal-soal yang telah disediakan. Dengan mempraktikkan dan melakukan latihan secara rutin berdasarkan setiap materi yang kamu pelajari, kamu akan lebih mudah mengingat dan memahami pelajaran.

Demikian beberapa tips belajar online yang bisa kamu coba agar lebih mudah memahami materi. Jangan lupa, lengkapi pengetahuan kamu dengan mencari referensi lain. Contohnya, kamu baru belajar online tentang digital marketing. Sebagai tambahan referensi, kamu bisa mempelajari beberapa video microlearning bertema digital marketing, seperti:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua