Unduh Aplikasi QuBisa
Persiapan Psikologi dan Mental sebelum Presentasi
Psychology

Persiapan Psikologi dan Mental sebelum Presentasi

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Presentasi bisnis perlu dipersiapkan dengan cermat agar tujuan presentasi dapat dicapai. Selain konten presentasi yang mendukung, Anda perlu menguasai teknik presentasi yang menarik. Selain itu, persiapan psikologi dan mental sebelum presentasi juga harus diperhatikan.

Perasaan gugup, takut ditolak, takut salah bicara, dan kekhawatiran lainnya merupakan hal yang wajar sebelum melakukan presentasi. Namun bukan berarti Anda harus menyerah. Banyak orang yang sukses presentasi bisnis walaupun sebenarnya memiliki banyak ketakutan sebelum presentasi.

Persiapan Psikologi dan Mental sebelum Presentasi

Persiapan psikologi sebelum presentasi merupakan salah satu faktor kesuksesan presentasi bisnis. Setelah Anda menyiapkan materi presentasi dan memastikan tidak ada masalah pada peralatan teknis, Anda perlu menyiapkan psikologi dan mental sebelum presentasi. Ikuti tips presentasi bisnis berikut ini.

Kuasai Materi Presentasi

Penguasaan materi presentasi termasuk sebagai persiapan teknis. Dalam presentasi bisnis, bisa menjelaskan materi dengan baik dapat menunjukkan kredibilitas Anda sebagai pebisnis profesional dan kompeten. Sebaliknya, jika Anda tidak menguasai materi, maka rasa percaya diri Anda akan menurun. Bahkan bisa menimbulkan rasa takut dan gugup berlebihan karena tidak memahami dengan baik apa yang mau disampaikan. 

Agar Anda menjadi semakin percaya diri saat melakukan presentasi, ada beberapa materi pembelajaran dalam bentuk kursus online gratis yang bisa Anda pelajari di aplikasi belajar online QuBisa, di antaranya:

Cukup istirahat termasuk Persiapan Psikologi dan Mental sebelum Presentasi

Cukup Istirahat

Melakukan persiapan sekaligus membuat materi presentasi memang kadang membutuhkan waktu ekstra. Meski begitu, jangan sampai Anda begadang semalaman dan akhirnya jadi kurang tidur. Lebih baik, lakukan persiapan dari jauh-jauh hari, sehingga malam sebelum Anda melakukan presentasi Anda bisa tidur lebih awal. Kondisi tubuh yang bugar dan cukup istirahat dapat membuat Anda lebih fokus selama melakukan presentasi.

Isi Perut Secukupnya

Masalah asam lambung dapat memicu cemas berlebihan dan panic attack yang bisa muncul tiba-tiba. Jangan sampai Anda mengalami panic attack saat presentasi. Usahakan isi perut dan makan teratur sejak beberapa hari sebelum presentasi agar terhindar dari masalah asam lambung.

Tenangkan Diri

Tips presentasi selanjutnya adalah kemampuan untuk mengendalikan diri dengan baik, termasuk menguasai teknik untuk menenangkan diri. Biasanya sebelum tiba waktunya melakukan presentasi, rasa gugup dan grogi bisa saja datang secara tiba-tiba dan membuat jantung berdegup kencang. Nah, cobalah menenangkan diri terlebih dahulu dengan cara mengatur pernapasan atau menerapkan teknik mindful breathing. Tarik napas yang dalam melalui hidung, tahan beberapa detik, kemudian keluarkan melalui mulut. 

Anda juga dapat melakukan peregangan sederhana agar otot-otot menjadi lebih rileks. Lakukan peregangan otot ini di toilet atau tempat yang tidak terlihat orang lain agar Anda merasa lebih leluasa dalam menenangkan diri.

Pilih Outfit yang Sesuai

Penampilan akan menjadi kesan pertama yang dilihat orang. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang memperhatikan apa yang dipakai oleh orang lain. Pastikan Anda mengenakan outfit yang sesuai dan nyaman. Pakaian yang baik dapat meningkatkan rasa percaya diri.

selain penguasaan materi presentasi Anda pun perlu memperhatikan penampilan atau personal grooming saat presentasi

Lakukan beberapa hal berikut sebagai rekomendasi untuk meningkatkan personal grooming, seperti:

Kenali Audience

Sebelum melakukan presentasi bisnis, sebaiknya Anda cari tahu dulu siapa saja yang akan menghadiri presentasi. Selain nama dan jabatan, akan lebih baik jika Anda juga mengetahui karakter umum dari para audience. Hal ini penting untuk menyesuaikan kadar humor yang dimunculkan untuk mencairkan suasana selama presentasi.

Kenali Tempat Presentasi

Sebagian orang akan merasa tidak nyaman saat berada di tempat asing. Jika tempat presentasi bukan di kantor dan Anda belum pernah mengunjunginya, sebaiknya Anda datang lebih awal ke tempat presentasi. Kenali ruangan serta segala fasilitas yang tersedia di dalamnya sampai Anda merasa nyaman.

Persiapan psikologi dan mental yang dilakukan sebelum presentasi dapat mendukung kelancaran presentasi dan memperbesar peluang tercapainya target bisnis.  Sebaiknya Anda terus mengasah kemampuan public speaking dan tidak bosan belajar cara presentasi yang baik.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua