Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian Internet Menurut Para Ahli
Network & Security

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Punto Wicaksono24 Jan 237 menit membaca

Internet menjadi bagian dari kehidupan yang tak bisa dipisahkan, terutama oleh banyak generasi muda masa kini. Bagaimana tidak, internet memiliki peran penting untuk memudahkan kehidupan serta meringankan pekerjaan.

Melalui internet, Anda bisa berkirim kabar kepada teman tanpa terpaku pada jarak fisik. Selain itu, banyak manfaat internet di era digital 4.0 yang mempermudah urusan sehari-hari, seperti layanan pesan antar makanan, jasa ojek online, perbankan, hingga kegiatan belajar mengajar, bahkan belajar online dan mengikuti kursus online bermodal smartphone sudah bisa dilakukan kapanpun dan dari mana pun Anda mengaksesnya. 

Namun, apakah Anda sudah memahami pengertian internet itu sendiri? Agar lebih jelas, simak pembahasan mengenai pengertian internet menurut para ahli, sejarah, serta istilah-istilah dalam internet di bawah ini.

Pengertian Internet Menurut para Ahli

Kepanjangan internet adalah interconnected networking. Internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern dengan beragam manfaat internet di era digital 4.0, berikut beberapa pengertian internet menurut para ahli yang perlu Anda ketahui.

Onno W. Purbo (Prihatna, 2005)

Pengertian internet menurut ahli Onno W. Purbo, internet adalah media yang memungkinkan sebuah proses komunikasi berlangsung efisien dengan menyambungkannya dengan beragam aplikasi.

Allan (2005)

Menurut Allan, arti internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung dan memiliki kemampuan membaca dan menguraikan Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Pengertian tentang IP sendiri akan dijelaskan terpisah pada istilah-istilah dalam internet.

Pengertian Internet Menurut para Ahli

Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)

Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003) menyimpulkan pengertian internet adalah sekumpulan komputer yang terhubung dengan jaringan. Jaringan komputer tersebut bisa diakses dan digunakan oleh siapa pun yang mendapatkan izin akses.

Sejarah dan Perkembangan Internet Dunia

Pada awalnya, internet adalah jaringan komputer yang digagas oleh Departemen Pertahanan Amerika dan bernama ARPANET pada 1969 untuk keperluan militer. Komputer saling terhubung dan dapat menginfokan status terkini. 

Sementara itu, masuknya internet di Indonesia bermula pada tahun 1997 saat Kompas menerbitkan surat kabar versi online. Pada tahun 2000, kemunculan surat kabar online dan blog semakin marak. Kemunculan berbagai portal online tersebut bertujuan untuk memberi info secara lebih cepat, utamanya untuk para karyawan atau pekerja.

Hingga kini pertumbuhan internet kian pesat, dipakai untuk mendukung berbagai aktivitas dan memberi beragam manfaat internet di era digital 4.0.

Mengenal Istilah-istilah dalam Internet

pertumbuhan internet kian pesat

Hingga kini, pemanfaatan internet makin masif dilakukan, mulai dari sekadar bertukar kabar di berbagai media sosial hingga mendapatkan uang dari internet. Nah, berikut beberapa istilah  yang kerap muncul di internet.

  • Login atau sign in biasa dilakukan saat pengguna akan masuk dalam sebuah aplikasi atau website, seperti akun media sosial, aplikasi belanja, hingga email. Login dapat diartikan sebagai otorisasi dari pengguna dengan memasukkan password agar bisa mengakses aplikasi yang dituju.
  • Logout atau sign out merupakan kebalikan dari login / sign di mana sebuah proses untuk keluar dari aplikasi atau halaman website.
  • WWW adalah kependekan dari World Wide Web difungsikan sebagai pengenal global pada internet.
  • Search engine yang berarti mesin pencari merupakan sebuah program di suatu website yang difungsikan untuk mencari informasi tertentu.
  • Server ialah komputer yang dipakai untuk menyimpan data secara terpusat dan bisa dipakai oleh banyak pengguna.
  • Domain adalah istilah yang juga banyak ditemukan di internet. Domain merupakan sebuah nama yang berfungsi sebagai alamat suatu website. Domain bersifat unik dan setiap nama domain hanya ada satu di dunia.
  • Web browser ialah perangkat lunak untuk menjelajah berbagai situs di internet.
  • Download merupakan suatu proses pengambilan file dari sebuah situs web di internet untuk disimpan di komputer atau perangkat yang lainnya.
  • Upload atau unggah merupakan kebalikan dari proses download. Artinya proses pemindahan dari media penyimpanan di komputer atau smartphone ke sebuah situs di internet.
  • FAQ mungkin kerap Anda temukan di beberapa situs. Maksud FAQ sendiri ialah kumpulan pertanyaan yang kerap ditanyakan. FAQ kepanjangan dari Frequently Asked Questions.
  • E-mail kepanjangan dari electronic mail merupakan program dalam jaringan komputer yang bisa digunakan untuk mengirim gambar atau tulisan ke pengguna lain. Semacam surat dalam versi digital dengan beragam kelebihan seperti dapat disisipi beragam jenis file dan tidak membutuhkan waktu lama dalam proses pengiriman.
  • Alamat IP dapat dianalogikan sebagai nomor telepon yang dimiliki sebuah perangkat di dunia maya yang terhubung dengan internet. 
  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol) bisa diartikan sebagai proses yang mengatur jalannya halaman website untuk ditampilkan. 
  • HTTPS merupakan pengembangan dari HTTP yang memiliki tingkat keamanan lebih tinggi. Adapun HTTPS merupakan kependekan dari Hypertext Transfer Protocol Secure.
  • URL merupakan alamat sebuah web browser dari suatu page atau file di internet. Format URL sendiri adalah https://www.namawebsite.com/halaman. URL (Uniform Resource Locators) sendiri dapat di custom.
  • Bandwidth adalah kapasitas maksimal yang dapat dilewati oleh data. Bandwidth bisa diibaratkan sebagai lebarnya jalan raya, sedangkan data adalah mobil yang melaluinya. Semakin sedikit jumlah mobil yang melintas, maka semakin lancar mobil melaju. Sebaliknya semakin banyak mobil yang melewati, maka jalur bisa lebih lambat atau bahkan macet.

Kehadiran internet yang berpadu dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat menghadirkan manfaat internet di era 4.0 tersendiri. Itulah beberapa pengertian internet menurut para ahli serta istilah-istilah yang wajib diketahui untuk memaksimalkan penggunaannya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua