Unduh Aplikasi QuBisa
Langkah Mudah Mendapatkan Uang dari Internet
Web Development

Langkah Mudah Mendapatkan Uang dari Internet

Gilang Maulani24 Jan 236 menit membaca

Cara mendapatkan uang dari internet menjadi alternatif terbaik di zaman digital ini, terutama sejak pandemi melanda Indonesia. Bisnis konvensional bahkan beralih ke digital, sehingga membuka peluang yang sangat luas bagi siapa pun yang ingin mendapatkan penghasilan dari internet dan media sosial.

Ada banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah dan tanpa harus terikat pada suatu usaha atau menjadi tenaga kerja di perusahaan tertentu. Cukup mengandalkan smartphone atau laptop yang terhubung ke internet, Anda bisa bekerja dan mendapatkan uang.

Bagaimana cara agar bisa mendapatkan uang di internet? Berikut langkah mudah berburu job dan bekerja secara online.

Alasan Mencari Uang dari Internet

Siapa pun bisa mendapatkan atau mencari uang dari internet asalkan punya niat yang kuat, tekun, dan gigih dalam melihat dan menemukan peluang. Selain itu, Anda perlu kemampuan untuk membangun personal branding yang tepat dan sesuai dengan keahlian Anda, serta mau membangun dan memperluas networking

Ada banyak alasan mengapa Anda bisa mencari uang di internet, antara lain:

  • Banyak usaha konvensional yang beralih menjalankan usaha secara online, terutama sejak transformasi digital dan terjadinya pandemi Covid-19. Berbagai perusahaan baik usaha skala kecil, menengah, hingga perusahaan multinasional, jelas membutuhkan sarana dan prasarana untuk melakukan promosi dan pemasaran online. Otomatis, peluang kerja yang berhubungan dengan teknologi digital terbuka lebar, misalnya digital marketing strategies, digital marketer, marketer, telesales, telemarketing, dan sebagainya.
  • Peluang usaha dalam bidang jasa yang berhubungan dengan teknologi pun sangat dibutuhkan saat ini, misalnya SEO spesialis, website developer, penulis konten, social media marketing, Facebook dan Instagram Ads, dan sebagainya. 
  • Bekerja di rumah dan mencari uang di internet juga memungkinkan ibu rumah tangga berperan aktif dalam upaya membantu perekonomian keluarga, misalnya dengan berbisnis online, menjadi reseller, dropshipper, dan sebagainya. Bahkan karena waktu kerja yang fleksibel, pekerjaan yang dilakukan secara online memungkinkan para ibu bisa berbisnis sambil mengasuh anak dan mengurus keluarga.
  • Mencari uang di internet bisa dikatakan gampang-gampang susah. Mesin pencari seperti Google sebenarnya bisa membimbing Anda menemukan cara untuk bisa mendapatkan penghasilan dari internet, apalagi dunia internet itu luas dan beragam.
cara kerja di internet untuk mendapatkan uang dengan menjadi youtuber dan influencer

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mendapatkan uang dari internet? Hal pertama yang harus Anda cari tahu dulu sebelum mulai bekerja secara online dan mendapatkan uang dari internet adalah mengenali diri sendiri

Anda paham dengan keahlian yang dimiliki serta passion yang membuat Anda akan terus bersemangat dalam bekerja. Karena bagaimanapun, seseorang bisa meraih kesuksesan yang diinginkan jika ia bekerja sesuai dengan minat dan passion, sekaligus sesuai bidang yang dikuasai. Beberapa peluang yang bisa Anda coba untuk mendapatkan uang dari internet, antara lain:

Youtuber

Yang lagi hits sekarang ini adalah menjadi Youtuber. Orang berlomba-lomba membuat akun YouTube dan mengisinya dengan berbagai konten. Jika isinya menarik, memiliki unsur edukasi, lucu, menghibur, menginspirasi, atau lain daripada yang lain, pasti banyak yang suka.

Konten yang bagus dengan tampilan apik akan menarik banyak pengguna internet menonton channel YouTube milik Youtuber. Jika channel tersebut dimonetisasi dan dioptimasi dengan baik, bisa menghasilkan ratusan juta rupiah.

Beberapa rekomendasi kursus online gratis dalam bentuk video microlearning yang bisa Anda pelajari jika ingin membangun channel YouTube yang menghasilkan uang, seperti:

Blogger

Cara mendapatkan uang dari internet adalah menjadi blogger. Ngeblog membutuhkan proses yang tak bisa sekali jadi. Ada tahapan demi tahapan yang harus dilalui, mulai dari membangun website, membangun akun media sosial untuk share tulisan dari website, lalu membuat konten atau artikel, bahkan harus bisa optimasi website agar blog Anda bisa ditemukan oleh pengguna internet di mesin pencari. 

Makin bagus isi blog dan memang sedang banyak dicari, blog akan lebih banyak pengunjung. Otomatis, Anda bisa bekerja dengan banyak brand maupun agensi dalam bentuk publikasi artikel sponsor post, review produk, dan sebagainya. 

Jualan Online

Di era digital seperti sekarang, berjualan secara online bisa jadi pilihan bagi siapa pun yang ingin memiliki penghasilan dari internet. Jika belum memiliki modal yang cukup, Anda bisa jualan online dengan sistem dropshipper atau reseller. Nanti kalau sudah punya banyak pelanggan, barulah Anda mulai meluncurkan dan menjual produk karya sendiri. Misalnya busana jadi hasil jahitan sendiri, berbagai jenis camilan, bumbu dapur praktis, kerajinan tangan, buku, snack, kue lebaran, dan sebagainya.

Untuk memulai bisnis online, Anda bisa memanfaatkan e-commerce atau marketplace yang sudah ada. Nanti jika modal sudah terkumpul dan Anda ingin mengembangkan brand Anda menjadi lebih besar lagi, Anda bisa membuat website bisnis sendiri.

dapat uang dari internet dengan bisnis online atau jualan online

Tips untuk memulai usaha sendiri ada banyak tersedia di internet, juga di aplikasi belajar online seperti QuBisa, yang bisa membantu Anda memulai bisnis. Beberapa di antaranya:

Influencer

Kalau Anda aktif di media sosial dan memiliki fans atau followers yang banyak, maka jangan sia-siakan hal ini. Anda bisa mendapatkan uang dari internet dengan memanfaatkan media sosial. Caranya, jadilah influencer yang memiliki keahlian review dalam bentuk foto atau video.

Nanti sistem kerja sama yang Anda jalin bisa dalam bentuk sponsor konten, mengulas produk, mempromosikan produk maupun jasa kepada followers Anda, dan sebagainya. Tentunya pekerjaan tersebut bisa mendatangkan penghasilan dalam bentuk uang maupun barang. Mengapa menjadi influencer masih menjanjikan di era digital saat ini? Karena banyak brand yang menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk, jasa, maupun layanan bisnis mereka.

Membuka Kursus Online

Jika Anda memiliki kemampuan tertentu, misalnya membuat konten, menulis buku, menggambar, berbahasa asing, desain grafis, keahlian yang berhubungan dengan dunia digital dan sebagainya, Anda bisa membuka kursus online untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

Saat ini, banyak orang yang sudah mulai terbiasa mengikuti pembelajaran daring atau e-learning untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi, apalagi banyak kursus online yang waktunya fleksibel dan biaya terjangkau. Manfaatkan saja platform seperti Google Meet, Skype, atau Zoom untuk mengajar secara online.

Sebelum membuka kursus online sebagai strategi untuk mendapatkan penghasilan secara online, Anda bisa mempelajari caranya terlebih dahulu dari beberapa video microlearning yang telah disiapkan aplikasi belajar online QuBisa, seperti:

Cara mendapatkan uang dari internet dapat dilakukan sesuai kemampuan dan keahlian. Anda dapat mendapatkannya dengan mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki. Waktunya lebih fleksibel dan tetap dapat berkarya sesuai passion.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua