Unduh Aplikasi QuBisa
Manfaat Belajar Android Studio bagi Programmer
Mobile Development

Manfaat Belajar Android Studio bagi Programmer

Punto Wicaksono24 Jan 236 menit membaca

Mungkin sudah banyak di antara Anda yang tidak asing lagi dengan Android Studio. Terlebih jika Anda termasuk orang yang berkecimpung dalam dunia programming dan pembuatan aplikasi untuk smartphone

Android Studio adalah software atau tools yang sangat populer dan banyak digunakan di dunia. Menggunakan tools ini, memungkinkan Anda mengunggah maupun mengunduh source code Android dan menggunakannya di perangkat sendiri.

Jika selama ini Anda hanya gemar mengunduh aplikasi di PlayStore, sebenarnya Anda pun bisa mengunggah aplikasi di sistem tersebut. Nah, perangkat lunak bernama Android Studio yang akan membantu Anda mengembangkan berbagai aplikasi berbasis Android

Apa Itu Android Studio?

Android Studio merupakan Integrated Development Environment (IDE) yang bisa digunakan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi berbasis Android. Ketika menggunakan perangkat lunak ini, Anda bisa membuat aplikasi yang sesuai dengan OS Android. Perangkat  lunak Android Studio pertama kali diumumkan pada tahun 2013 pada acara Google I/O Conference, sedangkan peluncuran perdana ke publik dilakukan pada tahun 2014.

Perangkat lunak Android Studio ini menjadi salah satu software yang cukup populer di kalangan para developer. Sebab, termasuk ke dalam software yang mudah dalam penggunaannya. Selain itu, perangkat lunak ini juga sudah mendukung berbagai macam fitur menarik untuk pembuatan aplikasi.

Nanti setelah aplikasi yang kompatibel dengan sistem Android sudah berhasil Anda buat, Anda bisa mengunggahnya di PlayStore. Proses pengembangan aplikasi tentu saja melibatkan proses penulisan code, mengedit, dan menyimpan file-file pendukung lainnya.

belajar bahasa pemrograman android

Alasan Mengapa Anda Harus Belajar Android Studio

Setelah mengetahui tentang apa itu android studio mungkin Anda pun bertanya-tanya mengenai manfaatnya. Tentu saja ada cukup banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Android Studio, terutama bagi Anda yang bekerja di bidang kerja yang berhubungan dengan pemrograman dan membangun berbagai aplikasi.

Secara lengkap berikut alasan mengapa Anda harus belajar Android Studio dan manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan.

Android Studio Memiliki Fitur Instant Run

Salah satu alasan mengapa Anda perlu belajar menggunakan perangkat lunak Android Studio karena tersedianya fitur Instant Run, yang sangat penting dalam menunjang proses coding pengembangan aplikasi Anda. Adanya fitur ini, maka setelah Anda selesai membuat program aplikasi, Anda tinggal menjalankan perintah run untuk tahu, apakah aplikasi yang dibuat sudah berjalan sesuai harapan atau belum.

Jika belum, Anda bisa langsung melakukan perbaikan yang dibutuhkan langsung di dalam perangkat lunak Android Studio. Cara ini bisa mempercepat proses pembuatan aplikasi yang Anda lakukan dan memastikan aplikasi berfungsi secara baik dan optimal.

Software dengan Tools yang Mudah Dipelajari

Kalau Anda bertanya, belajar android studio untuk apa? Tentu saja banyak manfaatnya. Alasan lain yang membuat Anda perlu mempelajari perangkat lunak pengembangan Android tersebut adalah karena tools-nya yang mudah dipelajari dan digunakan.

Perangkat lunak pengembangan aplikasi Android Studio sudah dilengkapi dengan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan grafis pengguna yang intuitif dan mudah digunakan. Tampilannya yang user friendly juga akan membuat Anda semakin mudah beradaptasi sehingga bisa menggunakan semua fitur yang dibutuhkan.

Untuk semakin memudahkan para penggunanya, Android Studio bahkan sudah dilengkapi dengan fitur drag and drop pada visual editornya. Proses membuat dan mengembangkan layout aplikasi buatan Anda jadi lebih cepat dan praktis.

Memungkinkan Kolaborasi Tim Secara Mudah

Biasanya, seorang developer atau programmer aplikasi tidak bekerja sendirian. Mereka bekerja dalam tim yang saling bersinergi agar proses pembuatan aplikasi dapat berjalan secara maksimal.

Untuk memudahkan kerja sama tim, Android Studio sudah terintegrasi dengan berbagai tools version control, seperti GitHub dan Subversion. Anda dan rekan kerja satu tim Anda bisa lebih mudah dalam mengakses project yang sedang dikerjakan, apalagi Android Studio juga sudah berbasis cloud yang bisa langsung diakses secara bersamaan. Otomatis, sinkronisasi project bisa Anda lakukan dengan lebih cepat dan efektif.

Berbagai Jenis Aplikasi Berbasis Android

Mendukung Pengembangan Berbagai Jenis Aplikasi Berbasis Android

Alasan lainnya mengapa Anda perlu mempelajari Android Studio karena perangkat lunak ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan aplikasi. Selain bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android, perangkat lunak Android Studio juga sudah mendukung pengembangan aplikasi di Android TV, tablet, Android auto, dan lain sebagainya.

Struktur fungsi yang ada di dalam aplikasi Android Studio juga memungkinkan Anda untuk bisa mengembangkan aplikasi pada berbagai perangkat. Hal ini membuat penggunaan perangkat  lunak menjadi semakin fleksibel.

Hasil Coding yang Lebih Baik

Ketika mempelajari Android Studio, Anda akan lebih mudah melakukan coding yang lebih baik. Pasalnya, perangkat lunak ini sudah menyediakan sejumlah template code dan juga contoh aplikasi yang bisa digunakan secara langsung.

Beberapa fitur dasar yang sudah tersedia di dalam contoh aplikasi, misalnya fitur login, activity, dan lain sebagainya. Sebagai pelengkap, perangkat lunak ini juga sudah mendukung fitur Intelligence di dalamnya, yang membuat Anda bisa lebih mudah melakukan scanning guna menemukan isu atau bug, serta menemukan kode-kode yang tidak sesuai atau error di dalam aplikasi yang Anda kembangkan.

Mendukung Banyak Bahasa Pemrograman

Ketika ingin terjun ke dunia kerja bidang pengembangan aplikasi, umumnya Anda perlu menguasai beberapa jenis bahasa pemrograman yang berbeda. Terkadang, ada aplikasi-aplikasi tertentu yang harus dikembangkan dengan bahasa coding tertentu pula.

Meskipun saat ini bahasa pemrograman Java masih menjadi yang terbaik untuk Android, namun Android Studio tidak hanya terbatas pada Java. Perangkat lunak ini sudah mendukung penggunaan banyak bahasa pemrograman, seperti bahasa program C, C++, Kotlin, bahkan XML. Jadi kalau Anda ingin mengembangkan aplikasi menggunakan bahasa selain Java pun tetap bisa dilakukan secara mudah di perangkat lunak ini.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda perlu mempelajari Android Studio. Kini setelah membaca ulasan dan pemaparan yang telah disampaikan di atas, Anda bisa mengetahui secara lebih detail terkait pengertian dan manfaat perangkat lunak pengembangan aplikasi berbasis Android.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua