Unduh Aplikasi QuBisa
Membuat Desain PowerPoint Unik untuk Presentasi
Creativity

Membuat Desain PowerPoint Unik untuk Presentasi

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Adanya aplikasi PowerPoint membuat Anda jadi lebih mudah untuk membuat dan melakukan presentasi. Mengapa? Karena Anda bisa menjelaskan materi kepada audiens menggunakan slide yang menarik. Ya, pada aplikasi ini, Anda bisa menambahkan gambar, video, maupun audio. 

Umumnya, desain PowerPoint dibuat khusus oleh desainer grafis yang berpengalaman. Jadi, desain yang dihasilkan lebih bervariasi dan berkualitas. Setiap orang yang menggunakan aplikasi ini tentu memiliki tujuan yang berbeda-beda, termasuk Anda, bukan? Desain yang dibuat pastinya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuannya.

Tips Membuat Desain PowerPoint agar Menarik

Jika Anda bukan seorang desainer profesional, sudah barang tentu akan kesulitan dalam merancang desain untuk PowerPoint. Beberapa cara ini mungkin akan membantu Anda membuat desain yang menarik.

Gunakan Theme Custom

Sebenarnya, Microsoft sebagai pengembang PowerPoint menyediakan theme built-in yang bisa digunakan secara gratis. Akan tetapi, desainnya terlihat sangat simpel dan kurang menarik jika diperhatikan. Solusinya, Anda bisa menggunakan desain template ppt dari situs-situs penyedia theme premium. 

Akan ada banyak pilihan yang tersedia, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dalam presentasi. Dari theme itulah nantinya Anda bisa mengembangkan desain sendiri agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Cara ini akan mempersingkat Anda dalam merancang desain untuk PowerPoint.

opening presentasi memiliki peran penting dalam mengundang rasa penasaran

Fokus dengan Killer Opening Slide

Killer opening slide atau opening presentasi memiliki peran penting dalam mengundang rasa penasaran audiens dengan materi yang akan disampaikan. Bagian ini berada di awal slide, sehingga pasti akan dilihat oleh audiens. Ini merupakan salah satu bagian desain PowerPoint yang sebaiknya ditambahkan pada slide.

Dalam membuat bagian ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Seperti penggunaan gambar yang menarik, pemilihan warna yang mencolok, namun tetap nyaman dipandang, atau memberikan fakta menarik berkaitan dengan materi.

Pada aplikasi belajar online dan platform belajar online QuBisa juga ada beberapa panduan untuk melakukan presentasi yang menarik dan bisa Anda pelajari dalam bentuk kursus online gratis maupun kursus online berbayar dengan biaya terjangkau. Beberapa di antaranya:

Gunakan Skema Warna

Salah satu kesulitan terbesar dalam membuat desain untuk online PowerPoint ada pada pemilihan warnanya. Kesalahan atau ketidaksesuaian dapat menyebabkan audiens cepat bosan dengan apa yang ditampilkan. Anda bisa menggunakan skema warna untuk mendapatkan kesesuaian pewarnaan sehingga presentasi Anda jauh lebih menarik. Banyak skema warna yang dibagikan di Internet, itu bisa menjadi referensi dalam membuat desain untuk presentasi.

gunakan skema warna untuk mendapatkan kesesuaian pewarnaan sehingga presentasi Anda jauh lebih menarik

Manfaatkan Fitur PowerPoint Designer

PowerPoint designer merupakan fitur yang dapat membantu Anda menghasilkan ide desain secara otomatis. Ini tidak lepas dari bagaimana layout presentasi dibuat agar tata letak gambar dan tulisan tidak membosankan. Saat fitur ini sudah diaktifkan, maka secara otomatis akan memberikan ide untuk Anda ketika membuat desain. 

Fitur ini penting digunakan, khususnya bagi Anda yang masih pemula dalam merancang desain. Daripada berspekulasi dengan ide sendiri, akan lebih baik memanfaatkan fitur ini untuk menghasilkan desain PowerPoint yang lebih menarik.

Gambar dan Teks Terlihat dengan Jelas

Saat membuat desain PowerPoint, Anda harus memastikan gambar dan teks dapat dibaca oleh seluruh audiens. Sesuaikan ukuran dan jenis font yang digunakan, agar audiens tidak hanya mendengarkan, tetapi juga bisa membaca materi yang ada pada slide. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan gambar-gambar yang berkualitas bagus jika memang presentasi memerlukan gambar.

Dalam membuat desain PowerPoint, banyak hal yang perlu untuk diperhatikan. Hal ini bertujuan agar audiens nyaman dan menikmati apa yang bakal disampaikan nantinya. Karena terkadang, audiens akan cepat merasa bosan jika hanya mendengarkan. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua